Jenis Hama Tanaman yang Sering Ditemui oleh Para Petani

Jenis Hama Tanaman yang Sering Ditemui oleh Para PetaniHama merupakan salah satu pengganggu tanaman yang sedang dibudidayakan oleh manusia. Hama kerap kali ditemukan pada tanaman padi di sawah. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan hama tanaman dapat kita temukan pada tanaman yang ada di halaman rumah. Hama tanaman yang berupa binatang terbagi menjadi 4 jenis golongan, mamalia, aves, serangga dan molusca. Setiap hama tanaman ini akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan tanaman. Hama tanaman bahkan dapat memberikan kerugian dalam jumlah bagi para petani jika tidak segera ditangani perkembangbiakkannya. Tanaman tidak dapat membuahkan hasil atau mengalami kematian sebelum diproduksi oleh para petani. Agar para petani dapat meringkus hama dengan cara yang tepat, mereka harus mengetahui jenis hama tanaman yang mungkin akan menyerang tanaman yang mereka tanam.

Berdasarkan pengelompokkan hama yang terbagi menjadi 4 kelompok, hama serangga menjadi jenis hama yang paling banyak menyerang tanaman para petani. Perkembangbiakkan hama serangga yang cepat menjadi alasan mengapa semakin banyak hama serangga yang menyerang tanaman para petani. Untuk mengetahui jenis hama tanaman yang sering menyerang tanaman milik petani, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Belalang setan

Hama serangga ini mampu menyebabkan kerusakan pada tanaman yang berukuran besar. Tanaman pisang, jeruk, kelapa dan pohon pinang merupakan jenis tanaman yang terkena imbas dari hama belalang setan.

  • Lalat buncis

Jenis Hama Tanaman yang Sering Ditemui oleh Para PetaniHama lainnya yang akan ditemui oleh para petani adalah hama lalat buncis. Hama yang menyerang hampir sebagian tubuh tanaman buncis ini tidak hanya menghambat perkembangan tanaman saja. Lalat buncis mampu membuat tanaman buncis mati jika saluran-saluran nutrisi tanaman terhambat dengan adanya lalat buncis tersebut.

  • Hama umbi kentang

Hama yang menyerang umbi kentang merupakan ulat yang berwarna kelabu yang memiliki nama ilmiah Phthorimaea aperculella ulat debfab ukuran tubuh sepanjang 1 cm ini tumbuh sebagai ngengat pada tanaman.

  • Hama tikus

Tikus tidak hanya menjadi hama di rumah saja. Sama halnya dengan tikus di rumah, tikus di sawah juga menyebabkan kerusakan yang amat besar. Hal tersebut dibuktikan dengan rusaknya tanaman padiĀ  dan tanaman palawija yang tertanam di sawah.

  • Hama wereng

Hama wereng menjadi hama terbesar yang menggangu tanaman padi. Selain memberikan kerugian besar bagi para petani, hama wereng juga dapat mengakibatkan penyakit tungro.

  • Kera

Kera merupakan jenis hama yang menyerang buah dan sayur-sayuran.

Selain jenis hama tanaman yang disebutkan di atas, babi hutan menjadi jenis hama lainnya yang kerap ditemui di sawah. Hama-hama tanaman tersebut harus segera diatasi secepat mungkin untuk mengurangi dampak negative yang ditimbulkan oleh hama tanaman tersebut. Penggunaan pestisida dan burung hantu merupakan cara pemberantas hama yang sering digunakan oleh para petani.